Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Benar - Zihan V-Autoworks
Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Benar

Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Benar

Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Benar
Menjaga kondisi dan kebersihan mobil tentu saja menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dari mobil anda. Yang harus anda lakukan adalah merawat baik dari segi interior dan juga eksterior. Disini kami Salon Mobil Madiun akan sedikit menjelaskan tentang Cara Membersihkan Interior Mobil Yang Benar.

Hal pertama adalah anda harus memahami bagian-bagian dari interior mobil seperti jok, dashboard, plafon dan sebagainya. Yang harus anda ketahui bahwa perawatan setiap bagian tersebut berbeda-beda. Dibawah ini tips dan cara membersihkan interior mobil kesayangan anda.

1. Membersihkan Jok Mobil
Jok merupakan salah satu bagian penting yang harus dirawat dari interior kendaraan anda. Untuk itu, perawatan yang baik tentu harus dilakukan agar membuat anda merasa nyaman ketika melakukan perjalanan. 

Jok dengan kulit asli ( original leather )
Salon Mobil Madiun, Untuk membersihkan jok yang masih dari kulit asli, anda harus mempersiapkan lap kain berbahan halus, plas chamois, kuas dengan bulu lembut, dan juga vacum cleaner (kalau ada). Untuk membersihkan daerah yang tidak terjangkau anda bisa memakai kuas atau vacum cleaner.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengusap jok menggunakan plas chamois yang sebagian sudah dibasahi dan diperas. Berikutnya, anda semprotkan cairan pembersih ke jok mobil, lakukan hal ini ke semua bagian jok mobil. Jangan sampai anda melakukan hal tersebut setelah sabun pembersih kering. Hal tersebut tentu tidak akan berpengaruh apa-apa. Lakukan aktivitas seperti itu secara berkala selama 3-4 bulan.

Jok berbahan beludru
Untuk perawatan jok dengan menggunakan bahan beluduru, anda harus lebih memperhatikannya dibanding dari bahan lain. Yang perlu anda siapkan adalah sikat dengan kuas halus, lap kain halus, cairan pembersih khusus untuk bahan beludur dan juga vacum cleaner bila ada. Gunakan kuas atau vacum cleaner untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jok tersebut.

Berikutnya, anda semprot bagian jok yang sudah dibersihkan menggunakan cairan pembersih. Sikat pada bagian jok yang telah anda semprot dengan cairan tersebut menggunakan sikat halus. Bila kotoran membandel dan tidak mau hilang, cobalah untuk mengulangnya lagi hingga bagian jok tersebut benar-benar besih. Setelah noda dirasa sudah hilang, lap dengan bersih permukaan jok dan keringkan.

2. Membersihkan Dashboard Mobil
Dashboard merupakan bagian dalam mobil yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Sehingga bila tidak dilakukan perawatan dan pembersihan secara rutin akan menimbulkan keretakan dan warna dashboard yang memudar. Cara memebersihkan dashboard sangatlah mudah, anda hanya perlu membersihkan debu debu yang menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke bagian dashboard yang akan dibersihkan dan lap dengan menggunakan kain.

Jangan menekan terlalu keras karena dapat menimbulkan goresan goresan kecil pada dashboard mobil anda. Bersihkan pula debu debu yang ada pada bagian yang sulit di jangkau seperti pojok dashboard, blower penyejuk udara dan lainnya dengan menggunakan kuas. Setelah semua bagian telah selesai dibersihkan, lap dengan menggunakan kain kering agar sabun atau cairan pembersih tidak meninggalkan bekas atau flek.  Untuk perawatan, anda dapat mengoleskan cairan pelindung atau treatment protection yang berfungsi membuat dashboard anda mengkilap dan menjaga kelembapannya.

3. Membersihkan Plafon Mobil
Cara membersihkan interior mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan plafon mobil. Plafon mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang perlu juga dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya anda perlu sedikit berhati hati agar plafon mobil anda tidak menjadi kendur, sobek, ataupun rusak. Untuk membersihkan plafon mobil, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui:

Anda dapat membersihkan plafon dengan menggunakan air namun jangan sampai berlebihan. Gunakan lap setengah basah untuk membersihkan bagian plafon mobil anda.

Karena plafon mobil terdiri dari berlapis lapis material maka diperlukan cara cara khusus untuk membersihkannya.

Lapisan wol pada luar plafon akan lembab bila terkena air dan kelembapan yang berlebih akan menimbulkan bau tak sedap di dalam mobil anda. Selain itu, bagian plafon mobil yang lembab dapat menimbulkan tumbuhnya jamur di dalam mobil anda.

Bila anda ingin membersihkan plafon mobil dengan menggunakan cairan pembersih, maka pilihlah cairan pembersih fabric untuk membersihkan bagian plafon mobil anda. Jangan menggunakan air sabun, karena nantinya dapat berakibat buruk pada bagian mobil anda tersebut. Anda dapat membeli nya di toko-toko material atau otomotif terdekat.

Anda juga dapat menggunakan microfiber untuk memberishkan plafon mobil anda. Gunakan kain microfiber yang berbahan lembut dan halus sehingga tidak akan merusak bahan plafon mobil. Untuk membersihkannya, anda dapat membasahi sedikit saja bagian kain tersebut. Lalu gunakan untuk membersihkan plafon. Jangan menggosok kain terlalu keras karena akan menyebabkan bahan plafon menjadi rusak bahkan sobek. Jangan pula menekan kain terlalu keras yang nantinya dapat membuat plfon mobil anda berlubang.

Anda juga dapat membersihkan plafon mobil anda dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun perlu diperhatikan untuk mengatur daya serap vacum cleaner. Jangan menggunakan daya serap yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan bagian plafon mobil menjadi kendur dan rusak. Cukup gunakan kekuatan ringan saja sudah dapat membersihkan bagian plafon mobil anda.

Bila terdapat noda pada plafon mobil, anda dapat membersihkan dengan sabun pembersih dan kain yang lembut. Usap secara perlahan sehingga tidak membuat plafon mobil menjadi rusak atau sobek. Oleskan sabun pembersih hanya di bagian yang terkena noda saja. Kemudian lap dengan menggunakan lap basah hingga sabun benar-benar hilang. Pastikan sabun pembersih sudah tidak terdapat pada plafon mobil anda. Sabun yang masih tersisa akan menyebabkan kain plafon menjadi keras dan serat kain menjadi rapuh. Tentunya hal ini dapat menyebabkan plafon mobil anda menjadi rusak.

4. Membersihkan Bagian Karpet Mobil
Karpet mobil merupakan aksesoris tambahan yang biasanya terdapat di lantai mobil. Bagian ini seringkali kotor karena berhadapan langsung dengan alas kaki anda. Belum lagi jika terdapat tumpahan makanan dan minuman yang mengenai karpet mobil anda. Sebaiknya gunakan karpet yang berbahan dasar karet, jangan menggunakan karpet mobil berbahan dasar kain. Hal ini dikarenakan karpet yang terbuat dari kain lebih susah dibersihkan dan lebih mudah menyerap air sehingga dapat membuat lapisan mobil menjadi mudah berkarat.

Namun bila anda terlanjur memilih jenis karpet mobil berbahan kain, anda harus rutin merawatnya agar tidak menyebabkan lapisan mobil menjadi rusak. Untuk membersihkan karpet kain berikut langkah-langkah yang tepat :

Keluarkan terlebih dahulu semua karpet yang terdapat di dalam mobil.

Kemudian sikat dengan menggunakan sikat halus agar debu dan kotoran yang menempel dapat terangkat.

Untuk bekas noda yang sukar dibersihkan, anda dopat menggunakan cairan stain remover.
Semprotkan cairan tersebut ke bagian karpet yang terkena noda dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Lap hingga bersih.

Setelah kering dan bersih, anda dapat memasang nya kembali pada lantai mobil anda. Namun tentunya pastikan agar lantai mobil anda sudah bebas dari debu dan kotoran.

Untuk membersihkan karpet mobil berbahan karet, caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang tepat untuk membersihkan karpet mobil berbahan karet:

  • Angkat dan keluarkan terlebih dahulu karpet di dalam mobil
  • Kemudian bersihkan debu, kotoran, dan noda yang terdapat pada karpet mobil anda
  • Karena berbahan karet, anda dapat mencucinya langsung dengan menggunakan air dan sabun khusus cuci mobil. Gunakan sikat berbulu lembut untuk mengatasi noda yang sulit dihilangkan.
  • Setelah dirasa bersih kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Jemur karpet hingga kering sebelum anda masukkan kembali ke dalam mobil.


Demikianlah tips dan cara membersihkan interior mobil seperti jok, dashboard, plafon sampai karpet lantai mobil dari Salon Mobil Madiun. Bila anda ingin kendaraan anda tetap terjaga, selalu lakukan pembersihan ini secara rutin. Tujuannya agar tampilan interior mobil anda akan selalu terlihat bersih dan juga menjaga komponen-komponen didalam mobil lebih awet dan tahan lama.

0 komentar :

 
Back to Top
Zihan V-Autoworks - Salon Mobil Madiun